Pembuatan Form Web Login Sederhana

Membuat Form Login Sederhana dengan Notepad++

Kali ini saya akan menyontohkan pembuatan form login yang sederhana menggunakan notepad++. Software yang dibutuhkan disini yaitu Notepad++ dan MySQL yang terdapat pada saat menginstal XAMPP. Disini saya akan membuat demonstrasi sederhana dari form bisa masuk ke halaman selanjutnya yang terhubung dengan database MySQL.

  1. Langkah pertama kita harus membuat databasenya dan table untuk login.

Disini saya telah membuat database dengan nama rawat_inap beserta tablenya login dimana isi dari table login ada 2 coloumn yaitu username dan password. Seperti gambar dibawah ini :

database

2. Membuat Form Login

Dalam pembuatan login disini kita menggunakan table agar terlihat lebih rapih. Disini menggunakan source tambahan dalam membuat html sederhana yaitu : <form method=”post”> untuk mengirimkan data agar terkoneksi dengan file yang akan dituju. Berikut ini gambar dari potongan code form :

login

Save dengan nama file formlogin.php

3. Membuat Koneksi ke Database

Pada saat membuat form login barusan kita menaruhkan action ke proseslogin.php, sebelum kita membuat proseslogin.php terlebih dulu kita membuat koneksinya seperti ini :

koneksi

Save dengan nama file koneksi.php

4. Membuat Koneksi dari Form Login ke Database

Setelah membuat koneksi kedatabase sekarang kita akan menghubungkan form login yang telah kita buat tadi berhubung langsung ke database. Dan untuk menghubungkan dengan koneksi yang telah kita buat tadi,kita hanya perlu memanggilnya dengan cara inlcude “koneksi.php”; . Disini kita membuat proses untuk menyaring data yang kita masukan pada di form  apakah sama dengan yang ada pada database.

proseslogin

Save dengan nama file proseslogin.php

Nah jika sudah buatlah 1 buah file lagi dan tuliskan “Selamat anda berhasil masuk” dengan nama filenya home.php. Langsung saja kita coba untuk test hasil dari apa yang telah kita buat tadi. Berikut adalah hasilnya seperti ini :

formhome

Jika ingin memberikan variasi dekorasi dengan webnya anda bisa tambahakan CSS untuk membuat tampilannya lebih menarik, anda bisa membuatnya sendiri atau pun juga bisa mendownloadnya gratis maupun bayar itu tergantung dengan selera anda masing-masing.

Sekian dari tutorial form login web programing sederhana dari saya, Sekian. Terima Kasih

Leave a comment